Tren E-Commerce Indonesia

website bisnis Indonesia

Pada tahun 2021, e-commerce Indonesia tumbuh dengan sangat pesat. Hal ini merupakan dampak dari pandemi COVID-19. Anda bisa membaca perkembangan e-commerce Indonesia terkini pada website bisnis Indonesia yang bisa ditemukan di internet.

Perkembangan e-commerce yang stabil dalam beberapa tahun terakhir memunculkan tren e-commerce baru di tahun 2022. Potensi e-commerce Indonesia pada akhirnya bisa mendekati potensi China dan Korea Selatan.

Tren E-Commerce Indonesia Tahun 2022

1.     Pertumbuhan Moderat

Pada tren yang pertama yakni pertumbuhan moderat e-commerce Indonesia yang berarti pada tahun 2022 tidak ada kenaikan secara drastis pada daya beli konsumen e-commerce Indonesia.

2.     Menjadi Tulang Punggung Nasional

Di tren kedua, E-commerce Indonesia pada tahun 2022 sampai dengan seterusnya akan menjadi tulang punggung bagi perekonomian nasional walaupun pertumbuhannya moderat. Pada tahun sebelumnya, Gross Merchandise Value (GMV) Indonesia sudah mencapai $70 miliar.

Hal ini menunjukkan bahwa kenaikannya dari tahun ke tahun adalah sebesar 49%. Kenaikan yang pesat tersebut tersebut didukung oleh pertumbuhan 52% pada e-commerce Indonesia. Detail pertumbuhannya sudah dibahas website bisnis Indonesia pada akhir tahun lalu.

3.     E-Commerce Indonesia Didominasi Fashion dan Makanan

Selanjutnya pada tren ketiga ini, fashion dan makanan akan mendominasi e-commerce Indonesia. Bisa dikatakan fashion dan makanan menjadi kategori nomor satu di e-commerce Indonesia yang tingkat penjualannya paling tinggi.

Lalu pada kategori selanjutnya adalah kategori elektronik dan home living.

4.     Livestream Shopping di E-Commerce Indonesia

Tren keempat adalah livestream shopping. Tren ini pertama kali popular saat awal pandemi COVID-19. Sudah banyak brand global yang melakukan livestream shopping sebagai media promosi. Cepat atau lambat tren ini akan menguasai e-commerce Indonesia.

5.     Sistem Keamanan dan Tren Lainnya

Tren terakhir yakni tentang keamanan dan tren lainnya yang nantinya akan bermunculan seiring perkembangan e-commerce Indonesia. Sektor digital sampai saat ini masih menjadi sektor yang paling diminati karena dinilai menjanjikan bagi para pelaku bisnis.

Oleh karena itu, diharapkan kesadaran para pelaku bisnis digital dan konsumen terhadap digitalisasi akan terus meningkat. Termasuk dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya kerahasiaan data konsumen bisnis digital.

Para operator digital selanjutnya akan menerapkan sistem verifikasi yang lebih aman dari pada sistem validasi dasar seperti kode yang dikirim lewat SMS.

 

Sudahkah Anda mendapat informasi tren e-commerce Indonesia 2022 dari website bisnis Indonesia? Bersiap mengikuti tren e-commerce? Jika Anda ingin mendapatkan beragam informasi aktual dan terpercaya dari seluruh penjuru dunia, Anda dapat mengunjungi website resmi SWA Magazine hanya di https://swa.co.id/.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.