Mengenal Sistem Zonasi Sekolah

website pendidikan di Indonesia

Apakah ada diantara Anda yang masih belum mengenal apa itu sistem zonasi untuk sekolah? Jika ya, maka informasi yang ada dalam artikel website pendidikan di Indonesia akan sangat membantu Anda untuk mengenal sistem zonasi di sekolah.

Apa Itu Sistem Zonasi Sekolah?

Sistem zonasi ini resmi diterapkan pada tanggal 10 Desember 2019, sesuai dengan Permendikbud Nomor 44 Tahun 2019. Sistem zonasi di sekolah digunakan untuk penerimaan siswa baru, mulai dari TK, SD, SMP, hingga SMA/SMK. Penerapan sistem ini menyasar siswa baru agar mendaftar di sekolah yang sesuai dengan tempat tinggal mereka.

Selain itu, ada beberapa tujuan dari diterapkannya sistem zonasi sekolah, beberapa diantaranya yaitu:

  1. Memeratakan Akses Pendidikan

Adanya sistem zonasi saat penerimaan siswa baru membuat siswa memiliki hak dan kesempatan untuk bersekolah dengan jarak yang dekat. Dengan begitu, siswa tidak perlu khawatir harus bersekolah di lokasi yang jauh dan berhak menerima layanan pendidikan dari sekolah yang berlokasi dekat.

  1. Menghilangkan Ekslusifitas dan Diskriminasi

Umumnya, ada sekolah yang dianggap favorit dan non-favorit. Dengan adanya sistem zonasi sekolah ini, maka ekslusifitas dapat dikurangi secara perlahan. Sehingga seluruh siswa baru akan memiliki hak yang sama untuk masuk ke sekolah negeri, baik yang favorit ataupun kurang favorit.

  1. Memudahkan Analisis Perhitungan Kebutuhan Guru

Dalam artikel yang ada di website pendidikan di Indonesia depoedu.com, dijelaskan bahwa adanya sistem zonasi akan memberikan keuntungan dalam mengetahui kebutuhan guru di suatu wilayah. Informasi ini akan didapatkan melalui banyaknya siswa yang diterima sekolah, sehingga jumlah pendidik akan disesuaikan.

  1. Memudahkan Pemerintah Daerah dalam Memberikan Bantuan

Ketika siswa mengikuti sistem zonasi saat proses penerimaan siswa baru, hal itu memudahkan pemerintah dalam memberikan bantuan. Bantuan tersebut umumnya berupa dana, sarana prasarana, dan segala hal yang bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan.

Setelah mengetahui apa itu sistem zonasi di sekolah dari artikel pada website pendidikan di Indonesia https://www.depoedu.com/, maka Anda dapat memahami pentingnya manfaat yang akan dirasakan pada sistem pendidikan di indonesia. Manfaat ini tentu saja diratakan, baik bagi siswa, tenaga pendidik, dan juga pemerintahan. Semoga adanya sistem zonasi ini mampu membantu generasi Indonesia untuk mendapatkan pendidikan yang sama layak dan sama berkualitas.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.