Mengenal Sandwich Panel 

sandwich panel

Pernahkah anda mendengar mengenai sandwich panel? Produk bangunan untuk dinding dan atap ini semakin banyak diminati oleh masyarakat karena penggunaan materialnya yang inovatif. Seperti istilahnya, sandwich panel memiliki tiga jumlah lapisan yang mengandung bahan seperti polimer, polystyrene, dan papan wol mineral yang mampu menyerap panas dan meredam getaran suara dengan baik.

Teknologi ini awalnya ditemukan pada tahun 1930 oleh seorang arsitek bernama Floyd Wright di Amerika. Kemudian produk dengan bahan material poliuretan ini mulai diproduksi massal pada tahun 60-an hingga pertengahan 80-an. Lalu pada walan tahun 90-an, mulai diproduksi sandwich panel pertama yang menggunakan busa poliuretan sebagai produk akhir yang terkenal sampai sekarang.

Dicetak dengan metode khusus, sehingga sandwich panel menghasilkan kondisi fisik yang kuat dan berkualitas. Selain itu, peralatan produksi dan pengujian spesimen material juga dirancang sesuai kebutuhan. Beberapa media yang menjadi bahan yaitu:

  1. Honeycomb
  2. Foam core
  3. Web core
  4. Truss/corrugated core

Selain itu, untuk menutup kedua sisi insulasi digunakan plat berupa zinecalum atau galvanis. Penggunaan berbagai media tersebut bertujuan untuk sebagai penahan beban kelenturan serta meredam getaran suara dan tahan panas. Sehingga komponen ini memiliki hasil yang lentur tapi juga kuat.

Proses Konstruksi

Konstruksi pada sandwich panel terbuat atas lapisan-lapisan yang didapat dengan melakukan perekatan antara dua lapisan tipis pada core, yang terbuat dari bahan padat dan kuat sebagai primer dalam proses konstruksi. Beberapa bahan yang digunakan berupa karet, styrofoam, metal, kertas, atau kayu.

Perkembangan Sandwich Panel

Sampai sekarang, sandwich panel banyak digunakan untuk bahan partisi dinding dan atap di beberapa area bangunan. Sebagian besar digunakan untuk bangunan industri dan rumah sakit yang membutuhkan bahan bangunan berkualitas tinggi. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah kerusakan atau kecelakaan. Namun juga banyak bangunan modern yang menggunakan produk ini karena beberapa alasan seperti hemat energi, kekuatan menyerap panas dan peredam suara yang kuat, perawatan yang cenderung mudah sehingga diminati banyak orang di pasaran.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.