Hilangkan Kutu Kasur Si Pengganggu Kenyamanan Saat Tidur

Kutu Kasur atau biasa kita sebut sebagai kutu busuk merupakan hewan pengganggu manusia. Parasit ini sering bersarang pada kasurmu. Jika tidak mau, kamu bisa ikuti cara basmi kutu kasur demi kenyamanan tidurmu.

Selain di kasur, kutu busuk (bedbugs) sering hidup di bantal, sofa, hingga celah dinding. Kasur di hotel bintang lima pun tidak luput dari parasit satu ini. Sebenarnya, hama ini tidak menyebarkan penyakit serius ke manusia. Saat menggigit, akan timbul rasa gatal di kulitmu.

baca juga: vacuum tungau jakarta

Cara mengusir kutu kasur

  1. Cuci dengan menggunakan air panas
    Barang-barang seperti bed cover, sarung bantal, selimut, baju, hingga gorden sering dijadikan tempat berkembang biak kutu busuk. Untuk itu kamu dapat mencucinya dengan air panas.
  2. Gunakan vacuum cleaner
    Kamu juga dapat membasmi kutu busuk seperti layaknya debu, yaitu dengan menggunakan penyedot debu secara berkala dan menyeluruh.

    baca juga: jasa pembersih kamar mandi jakarta

  3. Jemur di bawah terik matahari
    Cara membasmi kutu kasur atau tumila
    selanjutnya adalah menjemur di bawah terik matahari. Sebenarnya, langkah ini biasa dilakukan sejak dahulu oleh tua kita. Dengan menjemurnya, jamur yang tumbuh pada kasur juga dapat dicegah.
  4. Gunakan silica gel
    Jika kutu hidup di barang-barang yang tidak dapat dicuci seperti buku, kamu dapat menyimpan silica gel di sela-selanya. Kemudian, tutup rapat tumpukan buku dengan menggunakan plastik.
  5. Simpan barang dalam kulkas
    Cara ini terdengar konyol. Selain dalam suhu yang panas, kutu busuk akan mati dalam suhu dingin. Kamu dapat menyimpan barang-barang kecil yang cukup disimpan di dalamnya.

    Ini membutuhkan waktu yang cukup lama sekitar 4 hari. Jangan lupa bungkus terlebih dahulu barang-barangmu dan pisahkan dengan makanan.

  6. Menggunakan double tape
    Double tape dapat dijadikan perangkap agar kutu tidak dapat naik ke kasur. Namun, cara ini tidak efektif. Pasalnya, kutu dapat saja jatuh dari atas. Selain itu, penggunaan double tape sangat mengganggu keindahan ruangan.
  7. Gunakan larutan cuka
    Cuka dipercaya dapat mematikan kutu kasur berkat sifatnya yang asam. Caranya sangat sederhana. Cukup campurkan cuka dan air dengan perbandingan 1:1 lalu semprotkan pada tempat di mana kutu berkembang biak.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *