Apa yang Membuat Sound System Berkualitas

sound-system

Paket sound system Pro tersedia dalam berbagai variasi, ada yang besar dan ada juga yang kecil. Jenis sound system terbagi menjadi 2, ada yang diinstal dan portabel. Keduanya memiliki karakteristik unik yang didasarkan pada pengaplikasiannya. Misalnya, sound system yang besar dapat mencakup ribuan orang, tapi belum tentu cocok untuk area dengan cakupan yang lebih kecil.

Untuk menentukan ukuran sound system yang dibutuhkan, Anda perlu tahu berapa banyak orang yang hadir, dan seberapa besar ruang yang perlu diisi. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah penempatan dan posisi speaker karena tidak semua speaker dirancang untuk penempatan yang sama. Banyak speaker hari ini dirancang dengan tujuan khusus apakah itu menyediakan cakupan suara untuk gereja atau konser. Banyak perusahaan memperkenalkan sound system profesional yang ditujukan untuk penggunaan khusus. Namun, tidak selalu sempurna untuk menghasilkan jangkauan suara yang optimal.

Sekarang mari kita bicara tentang tiga komponen utama dalam sound system pro:

1. Mixer- Mixer akan menjadi salah satu komponen utama pertama pada sebuah sound system. Alat ini membawa sinyal dari sumber dan mencampurnya dengan sumber lain. Misalnya, pengguna akan menggunakan alat ini untuk mengubah level CD player dan mikrofon dan mencampurnya bersama-sama sampai keseimbangan suara yang diinginkan tercapai. Sangat penting untuk membeli mixer yang berkualitas karena akan menjadi sumber tunggal pertama yang dilewati audio.

2. Amplifier – Alat ini memberikan power untuk speaker Anda. Amplifier menjadi peralatan KEDUA PALING KRITIS dalam sebuah sound system karena alat ini menerima sinyal dari mixer. Amplifier tersedia dalam berbagai model dan merek. Beda amplifier beda perlakuan. Amplifier berkualitas buruk berpotensi membuat sound system jadi tidak maksimal. JANGAN membeli amplifier murahan jika ingin menghasilkan sound yang bagus. Mereka yang pro tahu bahwa setiap amplifier memiliki suara yang berbeda seperti lebih menonjol di tingkat bass atau treble. Amplifier yang berkualitas akan memiliki sirkuit efisiensi tinggi yang dirancang khusus untuk menyalurkan audio.

3. Speaker – Alat ini PALING KRITIS dalam sebuah sound system. Namun, harganya bervariasi tergantung pada kebutuhan. Sebagai contoh, speaker berkualitas yang digunakan DJ untuk suatu tempat dengan daya tampung 200 orang atau kurang berkisar di harga 6 – 10 jutaan per speaker. Salah satu alasan mengapa sebuah speaker dibanderol dengan harga tinggi yaitu karena konstruksi dan kotak speakernya. Biasanya speaker yang dibangun dengan kualitas baik biasanya jauh lebih efisien, sehingga membutuhkan power lebih sedikit untuk menghasilkan jumlah SPL yang sama dengan speaker lebih murah, tapi membutuhkan daya dua kali lipat. Anda dapat menghemat uang pada amplifier, jika Anda membeli speaker yang lebih efisien.

Ketika melakukan pembelian besar untuk sebuah sound system, sangat disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan seorang profesional yang mengerti kebutuhan Anda. Mereka memiliki pengalaman dan pengetahuan tentang peralatan yang perlu Anda beli untuk membangun sound system yang optimal. Melodiamusik.com

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.